Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Re: Rindu


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rindu



Ini tentang seorang lelaki yang hidup sendiri, yang diharuskan bertahan mengejar cita-cita. Tentang seorang lelaki yang merelakan dirinya terpisah jarak dengan orang yang dicinta. Lelaki yang selalu saja memikirkan wanita yang dapat membuatnya....rindu

Saat rindu hadir di kala malam yang terlalu sepi, rindu begitu mudah untuk mencipta kebahagiaan. Dan tak jarang rindu juga dapat menciptakan kesedihan. Dengan mudahnya rindu membuat kenangan-kenangan indah terpampang jelas di pikiran. Saat itu juga senyum dan bahagia tiba-tiba muncul. Tapi tetap saja, kenangan indah itulah yang pada akhirnya akan membuat dirinya sedih dan kecewa. Karena jarak telah memisahkan dirinya dengan wanita yang dia sayangi. Jarak telah membuat dirinya tak berdaya dalam siksaan rindu.

Malam ini, lelaki tersebut kembali mengenang kekasih yang dicinta. Apakah kekasihnya tau? Ia mencoba menghadirkan setiap ingatan-ingatan sederhana tentang mereka. Tentang senyum sang kekasih yang selalu saja membuatnya bahagia. Tentang tatapan mata yang mebuat dirinya terpesona. Tentang genggam tangan yang erat bersanding dalam setiap langkah perjalanan. Tentang obrolan ringan yang selalu saja membuat dirinya lupa akan masalah dan beban. Tentang tawa kecil yang mengusir segala kecemasan di pikiran. Malam ini, lelaki tersebut rupanya kembali merindu. Rindu yang belum dapat terobati.

Dalam hati lelaki ini berkata, “Aku rindu kamu sayangku. Setebal ingatan yang mengukung kepala. Sebanyak debar yang menggema di dalam dada. Segencar darah yang mengalir di dalam tubuh. Sepekat warna hitam rambut di atas kepala. Aku rindu kamu. Sesederhana itu.”

Lalu bagaimana dengan perasaan wanita itu disana? Apakah dia juga merasakan rindu yang sama?

Hanya kau. –wanita, yang tahu bagaimana rasanya. Maka bolehkah aku bertanya?
“Sayangku untukmu lebih dari rindu yang aku rasakan saat ini, apakah kau juga sama? Maukah kau menjalani kisah ini lebih lama dari selamanya?”

Aku tunggu jawabanmu.
Dari Aku.
Lelaki yang selalu saja memikirkanmu, wanita yang selalu membuatku rindu.


-Indra Poetra-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bedah Lirik: When A Man Loves A Woman


Udah lama, gak update blog dan diprotes oleh seseorang. Katanya “blog-mu kok gak update lagi sih”. Kalau yang bilang itu temen atau bahkan mas-mas tukang parkir mungkin gak bakal aku perduliin. Tapi berhubung yang protes adalah orang yang aku sayangi, yaudah aku turutin aja. Hehe. 

Kali ini aku coba untuk membedah lirik dari lagu yang dinyanyikan Michael Bolton, judulnya “When A Man Loves A Woman”

Walaupun bedah liriknya ngasal bodo amat lah

Jadi mari kita mulai saja....

When a man loves a woman
Can't keep his mind on nothing else
He'll trade the world
For the good thing he's found
If she's bad he can't see it
She can do no wrong
Turn his back on his best friend
If he put her down

Ada seorang pria yang mencintai seorang wanita, dia rela menukar dunianya hanya untuk wanita yang dia cintai. Dimatanya, wanita ini amatlah sempurna, pria ini sama sekali tak bisa melihat keburukan dalam dirinya.  

Iya aku mencintaimu. Dan aku telah menukar hobi idollingku demi kamu, tau gak kenapa aku sekarang gak suka jeketi? ya karena aku sekarang cuma suka dirimu. Gak ada yang lain, bahkan untuk sekedar mengidolakan seseorang. Memang, semua manusia gak ada yang sempurna. Kekurangan-lah yang membuat seseorang menjadi nampak sempurna. Sempurna menjadi seorang manusia. Aku bisa menerima semua kekuranganmu, kekurangan yang membuatmu menjadi nampak sempurna di mataku...

When a man loves a woman
Spend his very last dime
Trying to hold on to what he needs
He'd give up all his comfort
Sleep out in the rain
If she said that's the way it ought to be

Apabila seorang pria mencintai seseorang wanita, dia rela memberi kenyamanannya, melakukan apapun yang bisa dia lakukan untuk wanita tersebut.

Entah kenapa aku selalu ingin. Selalu ingin memberikan apapun yang bisa aku berikan untukmu. 97km itu tak sebanding dengan kebahagian yang terpancar lewat senyummu, senyum yang selalu ada ketika aku pulang dan bertemu denganmu. Makanya waktu itu aku rela pulang sehari saja hanya untuk menemuimu, sayangku.

Well, this man loves a woman
I gave you everything I had
Trying to hold on to your precious love
Baby, please don't treat me bad 

Pria ini sudah memberikan segalanya yang dia punya untuk wanita yang dia cintai. Ia cuma berharap tak dikhianati

Aku juga berharap sama seperti lelaki ini :)

When a man loves a woman
Down deep in his soul
She can bring him such misery
If she plays him for a fool
He's the last one to know
Loving eyes can't ever see

Jika wanita yang dia cintai mempermainkannya, mengkhianatinya, pria ini akan merasa begitu menderita

Aku yakin kamu tak akan melakukannya. Aku selalu percaya padamu, walaupun orang-orang berkata apapun.

When a man loves a woman
He can do no wrong
He can never own some other girl
Yes when a man loves a woman
I know exactly how he feels
'Cause baby, baby, baby, you're my world

Ketika seorang pria mencintai seorang wanita. Dia tidak bisa berbuat salah. Karena ia takut kehilangan wanita itu. Karena wanita itu adalah segalanya bagi dirinya

Aku bisa merasakan bahagia ketika kau bahagia, dan merasakan kesedihan yang sama ketika kau sedih. Sebisa mungkin aku tak akan membuatmu merasa kecewa padaku. Karena kau amat berarti bagi diriku, sayangku....

When a man loves a woman


 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Selamat Tinggal Malang

Aku bersiap meninggalkan Malang
Kota dimana aku lahir hingga tumbuh berkembang menjadi sekarang
Kota dimana udara sejuk siap menyapa siapa saja di pagi buta
Kota dimana airnya lebih segar daripada air minum kemasan
Malang tetaplah seperti sekarang
Tetaplah dengan kondisi sebelum aku pergi
Kondisi yang tak akan aku dapat dimanapun
Yang membuatku rindu ingin kembali pulang
Ku ucapkan selamat tinggal sekarang
Tapi tunggulah dengan tenang karena aku pasti pulang
Pulang kepadamu, kampung halamanku
Aku menuju kota yang selama ini aku hindarkan
Kota yang selama ini hanya kulewati saat mudik lebaran
Kota yang katanya metropolitan
Kota yang lengkap dengan mall-mall yang berjejeran
Cuaca panas dan udara lembab siap menyambut
Membiasakan diri dengan macet dan kendaraan yang saling kebut
Mandi dengan air kehijauan yang tak segar sama sekali
Menjadi pendonor darah bagi nyamuk tiap malam hari
Berinteraksi dengan musuh-musuh abadi
Surabaya, tak bisakah kau menyesuaikan diri denganku?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aku Lolos

            Setelah kita lulus, apa yang selanjutnya kita harapin? Lolos? Ya, semua anak yang lulus SMA pasti berharap untuk lolos masuk jurusan dan PTN yang diinginkan. Tak terkecuali aku.
 

            Sebenernya aku punya cita-cita dari kecil yaitu jadi seorang dokter. Mungkin terdengar klise, tapi itulah impian yang aku miliki sejak kecil sampai aku kelas 3 SMA. Dari sekian banyak dokter, mulai dari dokter umum, dokter mata, dokter jantung, dokter bedah dll, entah kenapa aku pengen jadi dokter kandungan. Sebenernya pengen jadi dokter cinta sih tapi katanya gak ada. Yaudah. Entah kenapa waktu aku ngejawab pertanyaan temen-temen “pengen jadi dokter apa beth?” trus aku ngejawab “dokter kandungan, hehe” pasti kebanyakan dari mereka memandang sebelah mata. Emangnya ada yang salah ya sama dokter kandungan? Emang mereka cabul gitu? Trus yang nolongin ibumu melahirkan siapa? Berarti ibumu pernah dicabuli juga dong sama dokter kandungan? Jangan mikir yang enggak-enggak deh. Alasanku pengen jadi dokter kandungan selain dapet uang juga enak bisa nolongin ibu melahirkan. Rezeki dapet, pahala juga dapet. Hehe

            Ketika kamu punya mimpi tapi kamu tak punya potensi dibidang itu sementara di bidang lain kamu memilki potensi besar, apa yang sebaiknya kamu lakuin? Sadar diri. Ya “sadar diri” itu perlu sob. Misal seseorang pingin jadi dokter, tapi....... orang itu pas pelajaran gak pernah fokus, ngobrol mulu, nilainya ancur, jarang dapet rangking trus di snmptn orang itu milih FK? Maka terjadilah percakapan seperti ini dengan tukang becak:
*ceritanya orang itu kenal sama tukang becak dan numpang pulang ke rumah*
Tukang becak  : “mau lanjutin kemana mas?” *sambil ngayuh becak*
Orang it           : “di snmptn milih FK pak” *duduk di becak sambil main hape*
Tukang becak  : “hahahahahahahahahaha” *ketawa sampe becaknya kebalik*
No offense ya sob. Hehe.

Aku memang punya cita-cita ingin jadi dokter. Tapi nilai biologiku kurang baik diantara nila-nilai yang lain, sedangkan nilai kimiaku selalu lebih baik daripada nilai-nilai mapel yang lain. Aku sadar diri, biologi memang bukan bidang dimana aku punya potensi. Dan akhirnya aku harus mengubur impianku dan menatap masa depan secara realistis. Di bidang kimia-lah aku punya potensi dan aku cari-cari deh jurusan yang ada sangkut pautnya dengan kimia. Dan akhirnya aku memutuskan buat milih “Teknik Material Metalurgi” di “Institut Teknologi Sepuluh Nopember”. Kenapa milih itu? Selain ada sangkut pautnya sama kimia, jurusan ini prospek kerjanya luas, ya meskipun rezeki udah diatur ya sama yang diatas. Trus kenapa milih di ITS? Pengen keluar dari Kota Malang, katanya sih cewek cakep yang jomblo di Malang udah abis.

Dan alhamdulillah di SNMPTN aku ketrima, hehe.
alhamdulillah jadi bisa rileks gak belajar buat sbmptn:)

Tapi masih jarang orang yang ngerti tentang jurusanku ini.
“Teknik Material Metalurgi itu apa?”
“Teknik Material Metalurgi itu.................”
“aku tau, aku tau, itu kan, yang bahas tentang bahan-bahan bangunan itu kan?”
“bukan, itu Toko Material -_-“
“bukan ya? Oh aku tau, Teknik Material itu yang bahas tentang kayak perangko itu kan?”
“Teknik Materai gitu maksudmu? Bukan -_-“
“oh..... yang bahas tentang cewek-cewek yang demen sama cowok yang punya duit itu ya?”
“Mungkin itu jurusan baru ya.. Teknik Materialistis -_-“
“Bukan juga ya.. aku tau.........................................”
“terserah deh terserah.. sak karepmu -_-“
Kali ini bakal aku jelasin.... menurut sumber

Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ?
Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Sedangkan Teknik Material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang sifat-sifat bahan dan hubungan antara struktur bahan dan sifatnya serta mempelajari tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.
Pada perguruan tinggi tertentu, kedua bidang ilmu tersebut ada yang digabungkan menjadi satu menjadi Teknik Metalurgi dan Material. Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan program studi Teknik Material saja. Cakupan bidang ilmu yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain.
Apa yang Dipelajari di Teknik Metalurgi dan Material ?
Lingkup ilmu Teknik Metalurgi begitu luas, dimulai dari pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dan pemurniannya, perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy), proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang. Sedangkan lingkup ilmu Teknik Material adalah mengenai teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisa biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.
Prospek Lulusan Teknik Metalurgi dan Material
Lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya adalah :
1.   Bidang Industri Pertambangan (PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori)
2.   Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Inalum, PT. Krakatau Steel, industri pengolah emas-perak, dll)
3.   Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen)
4.   Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst)
5.   Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan
6.   Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi Listrik)
Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Material & Metalurgi :
Udah ngerti kan sekarang apa itu "Teknik Material Metalurgi"?

Yaudah, aku sholat jumat dulu. Titip do'a gak?

Bye.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aku Lulus

            Hai, kangen aku gak? (Ya enggaklah ngapain kangen kamu). Eh, aku lulus SMA lho. (Emang ada yang peduli? Ya enggaklah sapa juga yang mau peduli)... Eh, yang sering baca blogku bakal aku kasih duit lho, mau?  (Aku sering baca blogmu lho! Serius! Beneran! Kasih aku duit sekarang!)

            Aku lulus SMA beneran lho. Iya, di umur yang belum genap 17 tahun ini aku lulus SMA. Aku ngerayain kelulusan dengan bobok siang. Sebenernya sih mau ikut konvoi. Tapi katanya yang konvoi bakal ditilang trus dipanggil wali kelasnya. Kasian kan wali kelasku, masa aku udah lulus masih nyusahin aja. Yaudah aku gak konvoi.. Sebenernya sih mau corat-coret juga. Tapi aku gak punya pilok. Aku punyanya krayon, pensil warna sama cat air. Ini sebenernya mau coret-coret seragam apa lomba mewarnai? Yaudah lah mending aku gak corat-coret.

konvoi anak SMA

corat-coret waktu kelulusan

bang coret-coret dada aku dong

bang pantat aku juga dong

            Dulu jaman SD/SMP waktu nunggu pengumuman kelulusan kayaknya gak se-ndredek (ndredek bahasa indonesianya apa ya) pas waktu SMA. Mungkin ini semanjak ada twitter. Lho? Kok twitter? Iya, soalnya sebelum kelulusan, di twitter banyak anak yang ngetwit semaca ini:
“ya Allah apa aku lulus besok?”
“badan adem panas nunggu pengumuman, semoga hasil memuaskan”
“16 jam 12 menit 45 detik lagi pengumuman, ndredek pol”
“lek aku gak lulus dewe yok opo rek iki? Utangmu gak tak bayar lunas sek yo rek”
Twit semacam tadi lah yang ngebuat semakin ndredek, kita yang awalnya nyante-nyante makan kacang sambil liat FTV gak mikir pengumuman, pas buka twitter jadi gak doyan kacang langsung kepikiran pengumuman dan mikir yang enggak-enggak. Terkadang twitter memberi pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan pikiranmu.
            Dan alhamdulillah di hari pengumuman saya lulus. Soal nilai sih aku gak terlalu mikirin, yang penting gak bikin malu lah. Kalo nilai UN rata-rata 9,9 tapi kamu gak masuk PTN emang mau? Enggak kan?
IMO, nilai UN itu cuma tiket aja, soal kamu sampe dengan selamat (keterima di PTN) apa enggak sih tergantung doa dan nasibmu. SNMPTN pake nilai rapor per semester, SBMPTN pake kemampuan kita sendiri dalam ngerjain soal-soal yang bisa bikin otakmu over heat. Trus nilai UN dibuat apa? Ya buat bahan pamer aja ke anak cucumu. Bagi kalian-kalian yang udah kelas 12 sih saya saranin gak usah ikut les-les di bimbel-bimbel buat persiapan UN. Yakin deh, sekolahmu gak bakal bikin kamu gak lulus. Dan kelulusan SMA itu mudah banget, soalnya digabungin nilai rapor, kamu ngerjain 15-an soal bener di UN kamu udah lulus kok. Mending kalian belajar sendiri atau belajar bareng temen buat persiapan UN, banyak-banyak berdoa sama kalo bisa nyicil-nyicil belajar buat SBMPTN. Ya tapi terserah sih, menurut pengalaman saya sih gitu.   

 cari aku, aku yang paling ganteng
Pengumuman kelulusan sebenarnya sudah lama, tapi gak sempet-sempet nulis (sebenernya lagi males haha). Kalo mau minta traktir silahkan hubungi ibu saya aja. Yaudah ya gitu aja. Bye.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS