Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Selamat Tinggal Malang

Aku bersiap meninggalkan Malang
Kota dimana aku lahir hingga tumbuh berkembang menjadi sekarang
Kota dimana udara sejuk siap menyapa siapa saja di pagi buta
Kota dimana airnya lebih segar daripada air minum kemasan
Malang tetaplah seperti sekarang
Tetaplah dengan kondisi sebelum aku pergi
Kondisi yang tak akan aku dapat dimanapun
Yang membuatku rindu ingin kembali pulang
Ku ucapkan selamat tinggal sekarang
Tapi tunggulah dengan tenang karena aku pasti pulang
Pulang kepadamu, kampung halamanku
Aku menuju kota yang selama ini aku hindarkan
Kota yang selama ini hanya kulewati saat mudik lebaran
Kota yang katanya metropolitan
Kota yang lengkap dengan mall-mall yang berjejeran
Cuaca panas dan udara lembab siap menyambut
Membiasakan diri dengan macet dan kendaraan yang saling kebut
Mandi dengan air kehijauan yang tak segar sama sekali
Menjadi pendonor darah bagi nyamuk tiap malam hari
Berinteraksi dengan musuh-musuh abadi
Surabaya, tak bisakah kau menyesuaikan diri denganku?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aku Lolos

            Setelah kita lulus, apa yang selanjutnya kita harapin? Lolos? Ya, semua anak yang lulus SMA pasti berharap untuk lolos masuk jurusan dan PTN yang diinginkan. Tak terkecuali aku.
 

            Sebenernya aku punya cita-cita dari kecil yaitu jadi seorang dokter. Mungkin terdengar klise, tapi itulah impian yang aku miliki sejak kecil sampai aku kelas 3 SMA. Dari sekian banyak dokter, mulai dari dokter umum, dokter mata, dokter jantung, dokter bedah dll, entah kenapa aku pengen jadi dokter kandungan. Sebenernya pengen jadi dokter cinta sih tapi katanya gak ada. Yaudah. Entah kenapa waktu aku ngejawab pertanyaan temen-temen “pengen jadi dokter apa beth?” trus aku ngejawab “dokter kandungan, hehe” pasti kebanyakan dari mereka memandang sebelah mata. Emangnya ada yang salah ya sama dokter kandungan? Emang mereka cabul gitu? Trus yang nolongin ibumu melahirkan siapa? Berarti ibumu pernah dicabuli juga dong sama dokter kandungan? Jangan mikir yang enggak-enggak deh. Alasanku pengen jadi dokter kandungan selain dapet uang juga enak bisa nolongin ibu melahirkan. Rezeki dapet, pahala juga dapet. Hehe

            Ketika kamu punya mimpi tapi kamu tak punya potensi dibidang itu sementara di bidang lain kamu memilki potensi besar, apa yang sebaiknya kamu lakuin? Sadar diri. Ya “sadar diri” itu perlu sob. Misal seseorang pingin jadi dokter, tapi....... orang itu pas pelajaran gak pernah fokus, ngobrol mulu, nilainya ancur, jarang dapet rangking trus di snmptn orang itu milih FK? Maka terjadilah percakapan seperti ini dengan tukang becak:
*ceritanya orang itu kenal sama tukang becak dan numpang pulang ke rumah*
Tukang becak  : “mau lanjutin kemana mas?” *sambil ngayuh becak*
Orang it           : “di snmptn milih FK pak” *duduk di becak sambil main hape*
Tukang becak  : “hahahahahahahahahaha” *ketawa sampe becaknya kebalik*
No offense ya sob. Hehe.

Aku memang punya cita-cita ingin jadi dokter. Tapi nilai biologiku kurang baik diantara nila-nilai yang lain, sedangkan nilai kimiaku selalu lebih baik daripada nilai-nilai mapel yang lain. Aku sadar diri, biologi memang bukan bidang dimana aku punya potensi. Dan akhirnya aku harus mengubur impianku dan menatap masa depan secara realistis. Di bidang kimia-lah aku punya potensi dan aku cari-cari deh jurusan yang ada sangkut pautnya dengan kimia. Dan akhirnya aku memutuskan buat milih “Teknik Material Metalurgi” di “Institut Teknologi Sepuluh Nopember”. Kenapa milih itu? Selain ada sangkut pautnya sama kimia, jurusan ini prospek kerjanya luas, ya meskipun rezeki udah diatur ya sama yang diatas. Trus kenapa milih di ITS? Pengen keluar dari Kota Malang, katanya sih cewek cakep yang jomblo di Malang udah abis.

Dan alhamdulillah di SNMPTN aku ketrima, hehe.
alhamdulillah jadi bisa rileks gak belajar buat sbmptn:)

Tapi masih jarang orang yang ngerti tentang jurusanku ini.
“Teknik Material Metalurgi itu apa?”
“Teknik Material Metalurgi itu.................”
“aku tau, aku tau, itu kan, yang bahas tentang bahan-bahan bangunan itu kan?”
“bukan, itu Toko Material -_-“
“bukan ya? Oh aku tau, Teknik Material itu yang bahas tentang kayak perangko itu kan?”
“Teknik Materai gitu maksudmu? Bukan -_-“
“oh..... yang bahas tentang cewek-cewek yang demen sama cowok yang punya duit itu ya?”
“Mungkin itu jurusan baru ya.. Teknik Materialistis -_-“
“Bukan juga ya.. aku tau.........................................”
“terserah deh terserah.. sak karepmu -_-“
Kali ini bakal aku jelasin.... menurut sumber

Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ?
Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Sedangkan Teknik Material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang sifat-sifat bahan dan hubungan antara struktur bahan dan sifatnya serta mempelajari tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.
Pada perguruan tinggi tertentu, kedua bidang ilmu tersebut ada yang digabungkan menjadi satu menjadi Teknik Metalurgi dan Material. Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan program studi Teknik Material saja. Cakupan bidang ilmu yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain.
Apa yang Dipelajari di Teknik Metalurgi dan Material ?
Lingkup ilmu Teknik Metalurgi begitu luas, dimulai dari pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dan pemurniannya, perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy), proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang. Sedangkan lingkup ilmu Teknik Material adalah mengenai teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisa biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.
Prospek Lulusan Teknik Metalurgi dan Material
Lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya adalah :
1.   Bidang Industri Pertambangan (PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori)
2.   Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Inalum, PT. Krakatau Steel, industri pengolah emas-perak, dll)
3.   Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen)
4.   Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst)
5.   Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan
6.   Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi Listrik)
Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Material & Metalurgi :
Udah ngerti kan sekarang apa itu "Teknik Material Metalurgi"?

Yaudah, aku sholat jumat dulu. Titip do'a gak?

Bye.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS